Selamat Ulang Tahun Taman Nasional Bunaken

Jika kita mampir ke mesin pencari google, kita pasti menyadari bahwa doodle yang menjadi konsep kali ini bertemakan laut. Eits tapi bukan sembarang laut, doodle itu dibuat untuk merayakan 24 tahun resminya Bunaken menjadi Taman Nasional, karena untuk pertama kalinya Taman Nasional ada yang berbentuk perairan. Kalau selama ini kan Taman Nasional selalu berbentuk hutan. Kira-kira apa sih yang membuat Bunaken begitu spesial hingga menjadi taman nasional, Sha punya artikelnya.

Tentang Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken berada di Sulawesi Utara, yang juga merupakan tempat kelahiran sha. Untuk menuju ke bunaken, kita bisa menggunakan perahu besar atau perahu cepat dari pelabuhan kota Manado.

Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 oleh beberapa Senior Diving Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan pendiri dari Manado Scuba. Taman ini memiliki area seluas 890.65 km², sebagian besar merupakan habitat laut kira kira 97% dan sisanya adalah habitat darat termasuk pulau-pulau di sekitarnya seperti Pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Spot Diving di Siladen. via Odydive Center
Lokasi Taman Nasional ini cukup spesial karena berada di segitiga terumbu karang dunia dan memiliki hampir 390 spesies terumbu karang yang warnanya cantik-cantik, serta ribuan spesies ikan dengan bentuk yang tidak kalah unik. Tak heran Bunaken dan pulau-pulau sekitarnya menjadi destinasi wajib para penyelam dari seluruh dunia, pokoknya wajib deh menyelam ke sini.

Keistimewaan-keistimewaan Bunaken tersebut lah yang menjadi alasan mengapa Google menetapkan design logo nya hari ini untuk merayakan 24 tahun terbentuknya Taman Nasional ini,. Wah jadi tambah bangga deh ya kita sebagai warga negara Indonesia karena memiliki Bunaken. Selamat ulang tahun Taman Nasional Bunaken, dan tetap indah ya, mari kita jaga sama-sama perairan Indonesia yang cantik ini agar tetap lestari dan terus bisa di nikmati bersama.

Posting Komentar

0 Komentar