Menyelamlah dengan tenang Sha, Jangan Terburu-Buru

"Pertahankan bouyancy mu sha, kalau kamu sering naik turun gitu bisa bahaya!" Instruktur selam sha terus mengulang-ulang setiap kali sha melakukan Percobaan Peak Performance Bouyancy di platform.

"Ini laut sha, bukan kolam renang. Kalau kamu terus naik ke permukaan dan bertemu arus bagaimana?" Lanjut nya.

Apa itu Peak Performance Bouyancy (PPB)

Peak Performance Bouyancy (PPB) adalah teknik untuk menjaga badan stabil didalam air dengan menjaga neutral bouyancy. Dalam dunia selam, PPB merupakan skill tambahan yang bisa diambil oleh mereka yang hendak melakukan kenaikan tingkat pada level Advance Open Water Dive atau sedang belajar Underwater Imaging.


Sesungguhnya untuk mengambil lisensi Advance Open Water Dive, kita akan diberikan dua skill wajib yaitu Navigational Dive dan Deep Dive. Ditambah Opsional skill antara lain Night Dive, Wreck Dive, Underwater Digital Imaging, Drift Dive dan lainnya yang sha lupa karena boleh pilih 3 yang paling di suka. Namun untuk mengerjakan mandatory skill seperti Deep Dive dan Navigation Dive, salah satu prasyarat yang harus dikuasai adalah Peak Performance Bouyancy tadi.

Kenapa Menjaga kestabilan saat diving sangat penting?

Saat menyelam, tekanan di kedalaman akan berbeda sesuai dengan seberapa dalam kita menyelam lo. Instruktur sha mencontohkan ia membawa dua benda yang berisi udara, satu berupa botol air mineral kosong dan satu bungkus makanan ringan yang masih gembung. Saat berada di kedalaman sekira 22 meter dibawah laut, kedua benda tersebut mengkerut, dan saat kembali ke permukaan keduanya kembali ke bentuk semula.

Ia menjelaskan bahwa ini yang terjadi pada udara di paru-paru kita, saat menyelam kapasitas paru-paru kita tetap seperti botol dan saat dibawa turun ke bawah ia akan mengkerut. Jika ia diberikan udara, ia akan kembali ke bentuk semula dibawah air. Bayangkan apa yang akan terjadi ketika paru-paru yang kembali ke bentuk semula tersebut dibawa  ke atas permukaan secara tiba-tiba?

Hiiy sha jadi serem sendiri menjelaskan di tulisan ini.

Itulah mengapa penting menjaga kestabilan dengan cara mempelajari peak performance bouyancy. Selain itu dengan menjaga kestabilan saat diving dengan PPB, sha bisa menghindari arus yang datang karena posisi tubuh yang stabil, tidak condong kemana-mana.


"untuk sekarang, kamu masih harus banyak latihan di kolam, sebelum aku meluluskan pengajuan mu untuk advance." Sabar ya sha T-T

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »