Pekerjaanku Adalah Apa Yang Aku Suka

Bagi kalian yang sudah follow akun sha di twitter, pasti pernah melihat update cuitan sha dimana salah satu senior tempat sha kerja dulu, menawarkan sebuah posisi di kantor start up yang dia bangun. Tapi sha tolak karena beberapa alasan, eits bukan karena jumawa sih, tapi karena alasan kesehatan yang memang tidak bisa dinegosiasi.

Pengalaman Yang Luar Biasa Di Kantor Lama

Saat ini sha bekerja sebagai freelance digital marketing, sebelumnya sha bekerja sebagai salah satu bagian dari tim penulis konten di salah satu media berita ternama di Indonesia, nda boleh sebut ya dimana. Yang pasti kamu udah tau deh.


Di kantor lama penuh dengan petualangan pengalaman yang luar biasa, tak heran siapapun yang sudah keluar dari sana akan tumbuh menjadi pribadi baru yang luar biasa. Kalau disana memang luar biasa, lalu kenapa sha resign? Iya itu pertanyaan yang sering ditanyakan teman-teman. Sha resign Lebih tepatnya karena kesehatan, sha nda bisa bekerja dibawah tekanan alias stress berlebihan, maklum sha orangnya baperan.

Kalo udah stress berlebihan, sha pasti langsung jatuh sakit sampe berminggu-minggu.
Karena alasan kesehatan itu, sha akhirnya menjadi freelance.

Jadi freelance, memang enak?

Pertanyaan ini sebenarnya hampir sama jika kita bertanya sama orang dengan selera makan yang berbeda-beda. Keripik Singkong pedas dengan level apa enaknya dibandingkan dengan kripik singkong pedas dari padang? Semua subjektif kepada pribadi kan. Kerja jadi freelance memang tidak enak, manakala kamu baru memulai atau sebagai rookie, harus bersaing dengan para senior yang sudah duluan di dunia ini.

Baca Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube.

Tapi pekerjaan secara freelance ini yang sha suka. Tidak perlu muluk target yang besar-besar, sha hanya memfokuskan kepada target yang bisa sha penuhi sembari melihat kondisi apakah akan membuat sha stress saat mengerjakannya.

Catatan buat yang mau kerja freelance

Buat yang mau mulai kerja secara freelance, sha ada sedikit tips nih. Karena freelance itu banyak banget jenisnya, mungkin kamu bisa memulai dengan apa yang paling kamu suka dan kamu kuasai didalamnya. Dalam hal ini, sha sangat menguasai bidang tulis menulis dan design, jadi sha memulai sebagai freelance dibidang pembuat konten. Lalu buat kamu yang belum punya ide atau bingung dengan kemampuanmu sendiri bagaimana, nah ada artikel menarik nih tentang bisnis online yang bisa kamu lakukan tanpa modal.

Lalu, jangan mulai dengan harga yang murah, percaya deh. Ini akan jadi boomerang buat kamu sendiri di kemudian hari, dan akan mematikan pasaran. Kecuali jika kamu adalah trendsetter untuk jasa tersebut. Misalnya adalah pembuatan animasi, tapi pakai komputer jadul, seperti papin @pinotski yang sempat ramai diperbincangkan oleh masyarakat dunia akibat kreatifitasnya membuat animasi childish gambino dengan lagu This Is America nya.

Jadi, bekerjalah karena kamu suka, bukan karena kamu dipaksa untuk suka terhadap pekerjaan tersebut. Hidup terlalu indah untuk terjerembab dalam zona nyaman (lalu muterin lagunya fourtwenty).

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Akhirnya ada tulisan lagi di blog ini. Sibuk rupanya yang punya.

    1. Iya sudah tahu Sha dulu kerja dimana. Cuma kan ga boleh disebut yah?

    2. Bekerja di sebuah organisasi/dengan orang lain pasti akan memberikan banyak dampak positif kepada seseorang. Bisa baik atau buruk akan tergantung orangnya. Melihat apa yang Sha tulis di atas, berarti Sha adalah orang yang berpandangan positif dan melihat sesuatu dari sisi positifnya.

    Kenangan manis akan hadir di diri kita ketika kita melihat sisi positif, kenangan buruk karena kita melihat sisi buruk. Sha melihat tempat kerja Sha yang lama luar biasa, bukan karena tempat itu tidak punya keburukan, tetapi karena Sha memilih melihat yang baik dan indah, bukan yang buruk.

    3. "Jangan jual dengan harga murah" .. saya hanya bisa bilang, setuju dan paham banget. Kalau seseorang ingin dihargai orang lain, maka yang harus pertama kali dilakukannya adalah menghargai diri sendiri. Harga murah bagi jasa yang kita berikan seringkali merupakan kesalahan kita sendiri karena kurang memberi penghargaan kepada diri sendiri

    Semoga sukses selalu Sha. Dan, semoga tidk terlalu sering sakit. Sayang ini blog jarang diisi jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, terima kasih kak anton yang nda pernah absen dari kolom komentar ketika ada tulisan baru. 😊

      Hapus
    2. Karena tulisannya menyenangkan dibacanya...:-D

      Hapus