Kotak Kado Lucu Dari Bahan Kain

Sebenernya ini ide iseng, mencari inspirasi untuk tempat meletakan kado buat temen aku yang bakal berulang tahun. Setelah mencari-cari di Internet dan mencoba merekonstruksi ulang setiap tutorial yang dijelaskan pada situs tersebut, akhirnya aku membulatkan tekad untuk membaginya juga dengan kalian.


So, mari simak tutorial bagaimana aku membuat Folding Box dari bahan kain sesuai dengan bentuk jadinya berikut ini :
folding-box-dari-kain
Lucu kan bentuk Folding Box nya? ^^

Persiapan membuat folding box

Untuk membuat folding box ini, aku mengumpulkan beberapa alat dan bahan, antara lain :
  • Kain untuk bahan utama.
    Disini aku menggunakan dua motiv yang berbeda, untuk memberikan kesan inner dan outer yang berbeda pula. Pemilihan bahan ku jatuhkan pada canvas, sebab bahan ini mudah dibentuk dan tidak licin saat akan dijahit.
  • Kancing dan tali pengait
    Untuk kancing, boleh menggunakan kancing berdiameter berapapun selama tampak tidak terlalu menonjol. Diameter kira kira 5 cm sepertinya cukup. Sedangkan tali bisa menggunakan pita atau potongan bekas tali sepatu. Aku menggunakan bekas tali sepatu yang tidak terpakai.
  • Benang dan Jarum
    Benang dan jarum bisa disesuaikan dengan motiv dan warna dasar dari bahan itu sendiri ya sist.

Tahapan Konstruksi Folding Box

Kita mulai dengan memotong bahan. Untuk ukuran folding box, saya menyiapkan pola 24 cm x 48 cm. Pola tersebut kemudian saya bentuk mengikuti pola sebagai berikut :

pola-folding-box
Pola utama.
Lebar disesuaikan dengan master, sedangkan panjangnya ku potong mengikuti pola yang tertera pada gambar, dan dibagian tengah ku potong untuk membentuk lipatan dan base dari folding box kain ini. Usahakan pola kedua kain dipotong seukuran ya, karena kita akan membuat satu bagian yang tidak terpisahkan nantinya.

Kain yang berwarna terang akan ku buat menjadi outer, sedangkan yang gelap akan menjadi inner. Kedua pola kemudian ku jahit pada tiap sisi kecuali bagian atas yaa  d: ...

jahit-sisi-folding-box
Jahit Pada bagian sisi
Pada bagian atas, kemudian ku sematkan tali bekas sebagai pengait kancing yang akan menjadi pengunci dari folding box ini. Tali membentuk loop, dan pada bagian ujung dijahit kedalam agar tali tampak cantik saat mengait di kancing nantinya.


Hal yang sama dilakukan untuk bagian dalam yang berwarna lebih gelap ya sist. Nanti hasil jadinya akan tampak seperti ini.

Hampir jadi, yeeeiyy \(^^)/
Perlu diperhatikan, bagian luar yang lebih terang polanya dijahit terbalik hal ini sengaja ku lakukan, karena dua bagian ini akan dijahit pada bagian atas. Setelah dijahit, ku balik kedua bagian secara bersamaan, dengan begitu pola folding box akan menjadi lebih indah.



Kini tinggal menambahkan beberapa aksesoris tambahan untuk mempercantiknya, bisa menggunakan push pin untuk merapatkan tiap sisi. Kalau mau dibiarkan pun tak apa, ini hanya masalah selera masing-masing kita saja. Yang paling terakhir adalah menambahkan aksesoris kancing, dan folding box kita sudah selesai...horeee


Bagaimana? Cantik kan hasil akhir dari folding box ini. Bagi kalian yang terinspirasi, boleh kok tinggalkan komentar atau share ke social media kalian. Selamat berkreasi ^^


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
23 Maret 2017 14.34 delete

Sama sama kak, semoga bermanfaat ya tutorialnya ^^

Reply
avatar