Mengenal Sejarah Packaging Indonesia

Kalian pernah kepikiran ga sih kenapa makanan harus dibungkus, selain karena alasan higienitas? Dengan berbagaimacam bentuk kemasan sekarang yang unik, lucu dan bervariatif pokoknya. Kenapa ya?

Sebenernya ini pertanyaan yang diberikan dosen sha dikampus hari ini, setelah selesai memberikan kuliah perancangan design produk. Berujung sha googling dan mencari tau semua hal tentang kemasan. Dan lahir lah tulisan ini.

Tentang Kemasan dan Sejarahnya

Kemasan atau packaging mungkin bisa dikategorikan sebagai tempat untuk menyimpan sebuah benda, secara sementara atau permanen. Dan hal ini sudah dilakukan jauh saat manusia memulai peradaban modern. Terlihat dari beberapa heriograp mesir dan temuan beberapa cawan, kerambah yang terkubur dari beberapa makam manusia purba hingga raja-raja di mesir.

Kunjungi Metaform Offset Printing Indonesia

Pada mulanya, manusia menggunakan dedaunan untuk menutupi hasil buruan mereka, tujuannya selain untuk memudahkan pemindahan dari tempat berburu, penggunaan beberapa jenis daun mampu menghilangkan bau amis pada daging.


Kemasan secara konvensional umum digunakan oleh jasa ekspedisi dan pedagang untuk melindungi perhiasan, keramik atau benda-benda lain yang sengaja dibawanya selama perjalanan. Hal ini dibarengi dengan maraknya penggunaan jalur sutera.


Kemasan pada saat expedisi besar (jalur sutera) sudah menggunakan bahan kertas, lalu kain dibentuk seperti tas dengan kantung di sisi-sisinya, atau menggunakan media kayu sebagai peti kemas. Kertas digunakan sebagai kemasan dikarenakan kemudahannya untuk dibentuk dan saat itu kertas merupakan salah satu media untuk meletakan tulisan atau catatan pendamping untuk dijelaskan kepemilikan dari barang yang akan dikirim.

Plastik pertama kali digunakan sebagai kemasan setelah diperkenalkan oleh Alexander Parkes pada saat acara Temuan Terpopuler tahun 1862 di London, Inggris. Yang tidak kita ketahui, pertama kali Sir Alexander Parkes memproduksi plastik berbahan dasar Cellulosa, itu artinya sejak dulu sudah ada plastik biodegradable.

Packaging di Indonesia

Sedangkan sejarah Packaging di Indonesia menggunakan daun sudah lama kita ketahui. Daun jati dan daun pepaya adalah dua jenis daun yang paling umum digunakan oleh petani tembakau dan petani padi untuk membungkus nasi atau makanan sebelum mereka berangkat ke kebun.

Jadi, cukup lama juga ya. Plastik mulai digunakan sebagai kemasan di Indonesia sejak tahun 1930 an, Sejak memperkenalkan produk kulit sintesis untuk pelana pada kuda dan kereta. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »