Tata Ruang Kantor berdasar Pengertian para ahli dan Asas-Tujuannya

Suatu ruang kerja yang efisien tidak tercipta dengan sendirinya, butuh perencanaan yang tepat dan benar agar mendapatkan tata ruang kantor yang di kehendaki.

Penataan ruang kantor yang efisien ini bertujuan untuk menciptakan suasana kerja yang dinamis bagi siapapun yang bekerja di dalamnya.

Tata ruang kantor di coworking space. Sumber: GoWork Park 23 - Bali

Dalam beberapa jurnal yang dibuat oleh para ahli tentang tata kantor, didapatkan beberapa pengertian yang bisa menjadikan kita mengerti tentang manfaat tata ruang kantor, seperti
Littlefield dan Peterson -- Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alat perlengkapan pada luas lantai yang tersedia -- Modern Office Management; 1956

Sedangkan beberapa ahli yang lain mengemukakan pendapat mereka tentang tata kantor, seperti berikut
Drs. Liang Gie -- Tata ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat, serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para pekerjanya.

Pengertian Tata Ruang Kantor

Istilah Tata Ruang Kantor merupakan kata serapan dari bahasa inggris, yaitu "office layout", beberapa jurnal bahkan ada yang menyebutkannya sebagai "layout" saja. Sehingga untuk menentukan pengertian tata ruang kantor secara general bisa saya artikel sebagai berikut
Tata ruang kantor adalah sebuah cara untuk menata area dalam sebuah kantor secara effisien agar manusia yang bekerja didalamnya dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik. Dengan cara meletakan setiap alat yang berhubungan dengan pekerjaan secara efisien, memanfaatkan ruang sebaik mungkin, hingga memaksimalkan fungsi ruangan guna tercapainya penyelesaian pekerjaan.
Tata ruang kantor di susun berdasar kebutuhan tiap-tiap bisnis dengan memenuhi berbagai macam aspek, asas, dan fungsi. Tujuan dalam melakukan pengaturan ini antara lain:

  1. Agar mempermudah pergerakan manusia yang bekerja di dalamnya
  2. Memberikan kemudahan dalam arus komunikasi, arus massa, dan arus energi
  3. Mendapatkan kondisi pekerjaan terbaik bagi setiap karyawan
  4. Memudahkan pengawasan agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu
  5. Memaksimalkan setiap sisi dan sudut ruang secara optimal, baik untuk menempatkan barang, alat kerja, atau keperluan lain.
  6. Terciptanya ruang kerja yang kondusif dan professional baik bagi internal maupun tamu external
Penataan ruang kerja tersebut akhirnya menciptakan berbagai bentuk ruang kantor yang di kelompokan kedalam.

Baca Tentang Cara Membuat Suasana Kantor yang menyenangkan

Tata Ruang Tertutup


Tata ruang ini bersifat homogen, dimana setiap karyawan akan dikelompokan berdasar fungsi pekerjaan atau departemen. Lalu mereka semua ditempatkan dalam satu ruangan dan tidak ada campur dengan orang dari divisi atau fungsi lain.

Kelebihan Tata Ruang Tertutup

  • Menjaga informasi tetap dalam satu divisi yang sama
  • Moral atau kepatuhan karyawan terjaga, karena terdapat atasan yang mengawasi secara langsung
  • Menghindari gangguan dari pekerjaan lain/Divisi lain
  • Masing-masing karyawan fokus dalam mengerjakan pekerjaannya

Kekurangan Tata Ruang Tertutup

  • Pengawasan yang sulit akibat adanya penyekat
  • Kurangnya cahaya yang masuk akibat adanya penghalang
  • Ruang gerak yang tidak optimal
  • Sulit dilakukan penukaran tempat karena berbeda fungsi pekerjaan akan berbeda tata ruang yang dibutuhkan
Tata ruang ini bisa kita temukan di kantor-kantor dengan jenis tradisional, seperti pabrik.

Tata Ruang Terbuka


Tata ruang terbuka termasuk bentuk tata ruang modern, dimana dalam satu ruangan, tidak ada penyekat yang memisahkan antara satu orang dengan orang lain. Konsep ini banyak digunakan oleh Coworking Space yang memiliki satu area besar dengan meja-meja kerja yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Kelebihan Tata Ruang Terbuka

  • Koordinasi antar divisi berjalan lebih efisien
  • Pengawasan yang lebih mudah dan efektif
  • Cahaya mudah masuk dan aliran udara berjalan dengan optimal
  • Pergantian tata ruang yang dinamis

Kekurangan Tata Ruang Terbuka

  • Bagi beberapa jenis proses kerja, cara ini bisa menurunkan moral pekerja karena merasa takut atau tertekan akibat pengawasan yang berlebihan
  • Keamanan kurang terjaga
  • Mengganggu konsentrasi pekerja lain/adanya distraksi sosial
Bagaimanapun, tata ruang kantor sebaiknya selalu disesuaikan dengan bentuk atau model perusahaan. Dengan begitu para karyawan atau pribadi yang bekerja dapat menghasilkan karya terbaiknya dalam pekerjaan.

Posting Komentar

0 Komentar